Mobil Matic

Mobil Matic

Cara Mengendarai Mobil Matic Saat Menempuh Jalan Tanjakan

cara-mengendarai-mobil-matic

Banyak orang yang masih ragu-ragu, bagaimana sebenarnya cara mengendarai mobil matic yang tepat saat menempuh jalan menanjak atau daerah perbukitan. Cukup wajar, karena pada mobil matic tidak seperti transmisi manual disertai persneling dan kopling yang bisa dikontrol secara sadar oleh pengemudinya. Perlu ketrampilan lebih saat membawa mobil matic menghadapi jalan tanjakan.

Saat harus mengendarai mobil di tanjakan, ada 3 moment yang perlu diperhatikan, yaitu saat akan berhenti, mulai berjalan dengan posisi menanjak dan mulai berjalan di posisi menurun.

Cara mengendarai mobil matic untuk berhenti di Tanjakan
- Periksa kaca spion Anda dan berikan sinyal kiri. Pandangan mata tetap ke depan di mana Anda ingin berhenti.
- Mengambil kaki Anda dari pedal gas, lalu dengan lembut menerapkan rem.
- Meninggalkan mobil di posisi D (Drive) sampai Anda telah datang ke berhenti lengkap dan memakai rem tangan atau rem parkir.
- Jika Anda akan untuk memarkir mobil Anda, memasukkannya ke posisi P (Parkir) dan sudut roda depan ke arah tepi jalan (memutar kemudi ke kiri jika menghadapi menurun atau kanan jika menghadap ke atas bukit).

Cara mengendarai mobil matic saat mulai menanjak

Ketika Anda siap untuk pergi dari jalanan yang menanjak tersebut, ikuti langkah berikut:
- Tarik rem tangan sedikit dan tekan tombol pelepas.
- Pegang rem tangan ke atas sehingga masih terlibat.
- Menekan pedal gas sedikit, Anda harus merasakan mobil menarik sedikit.
- Lembut melepaskan rem tangan - jika Anda mulai memutar kembali, menarik rem tangan lagi dan menggunakan pedal kaki untuk menemukan tingkat yang tepat dari kontrol.
- Bila Anda punya bahwa kontrol stabil, mengindikasikan, periksa cermin dan melihat melewati bahu Anda. Lalu, perlahan tekan pedal gas lagi - mudah melakukannya - dan menarik diri.
- Jika indikator Anda berada di sisi kiri, Anda mungkin ingin menunjukkan sebelum Anda terlibat rem tangan. Hal ini agar tangan kiri Anda bebas untuk mengontrol rem tangan saat Anda lepas landas.

Cara mengendarai mobil matic saat mulai menuruni tanjakan

Jalanan menurun mulai sedikit lebih mudah dilalui, karena gravitasi bekerja dengan Anda daripada melawan Anda. Namun, tetap saja perlu langkah-langkah spesifik yang harus diperhatikan. Saat Anda siap untuk bergerak maju, ikuti langkah berikut:

- Tekan rem kaki, pastikan mobil di posisi D (Drive).
- Lembut melepaskan rem tangan atau rem parkir.
- Beri sinyal, periksa kaca spion dan melihat melewati bahu Anda.
- Biarkan rem kaki yang sedikit.
- Gunakan sedikit accelerator yang Anda butuhkan untuk bergerak pada kecepatan yang aman, dimana ini tergantung pada kecuraman bukit dan mobil Anda.

Itulah cara mengendarai mobil matic termudah saat menempuh jalanan yang tak rata, khususnya di jalan tanjakan. Memang butuh sedikit perhatian dan ketrampilan agar tetap selamat di perjalanan.